Hardisk laptop sama saja dengan harddisk PC yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data-data atau file berupa document, foto-foto, musik, video, game, aplikasi dan lain sebagainya. Adapun sebenarnya ada dua macam harddisk yaitu harddisk internal dan harddisk eksternal. Kedua harddisk tersebut sama fungsinya hanya saja harddisk internal merupakan satu kesatuan komponen dengan motherboard laptop sedangkan harddisk eksternal layaknya sebuah flashdisk yang bisa kita bawa kemanapun. Ada hardisk laptop murah ada juga yang mahal.

Kali ini pembahasannya adalah mengenai memilih harddisk untuk laptop. Baik harddisk internal maupun harddisk eksternal memerlukan beberapa poin pertimbangan khusus. Perlu dipahami juga bahwa memilih harddisk lebih mudah daripada memilih motherboard atau prosesor. Namun untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja laptop berikut ini adalah cara memilih harddisk laptop:

1. Kapasitas penyimpanan (memori)

Kapasitas harddisk bermacam-macam namun semakin besar kapasitas harddisk maka akan semakin banyak pula data atau dokumen yang dapat disimpan. Yang perlu diketahui adalah kapasitas harddisk tidak sama besar dengan kapasitas yang tertera jika sudah digunakan. Karena secara otomatis akan dipotong oleh file system pada laptop Anda.

2. Buffer

Buffer inilah yang mempengaruhi kecepatan harddisk Anda, semakin besar kapasitas buffer maka akan semakin cepat data yang akan masuk ke dalam laptop Anda. Pada umumnya, hardisk laptop murah mempunyai kapasitas buffer yang cenderung kecil (2048 KB = 2 MB). Sedangkan kapasitas buffer lainnya yang tersedia selain 2 MB adalah 8 MB dan 16 MB.

3. Kecepatan putar

Kecepatan putar adalah jumlah maksimal putaran pada sebuah harddisk. Pada harddisk yang berkecepatan 5400 RPM itu berarti sanggup berputar sebanyak 5400 kali per satu menit. Pada umumnya, harddisk yang standar kecepatannya adalah 7200 RPM. Sedangkan saat ini kecepatan harddisk yang tersedia adalah 7200 RPM dan 10000 RPM (RPM artinya rotasi per menit).

4. Interface

Saat membeli harddisk sesuaikanlah dengan motherboard Anda, jika Anda mempunyai banyak port SATA maka sebaiknya Anda gunakan SATA. Yang perlu diketahui adalah SATA terdapat 2 macam yaitu SATA 1,5 Gbps dan SATA 3,0 Gbps. Secara teori, SATA 1,5 Gbps mempunyai kecepatan transfer mencapai sekitar 150 MB/s. Namun faktanya adalah kecepatan cache atau buffer tidak sama seperti yang disebutkan dalam teori. Berdasarkan uji coba pada harddisk SATA 3,0 Gbps yang tercepat adalah transfer cachenya hanya mencapai 201 MB/s apalagi untuk kecepatan tulisnya, hanya mencapai 70 MB/s. Tidak jauh berbeda jika menggunakan IDE.

5. Controller

Perhatikan juga controller dan kecepatan harddisk nya, khususnya harddisk SCSI, harddisk yang cepat namun controllernya lambat, maka kecepatan harddisk aslinya juga akan sama dengan kecepatan controller, begitupun sebaliknya. Sehingga keduanya harus sama-sama kompatibel.

6. Merek

Masih ada beberapa produsen atau vendor harddisk yang sudah bangkrut namun produknya masih beredar di pasaran. Sehingga jika Anda ingin membeli harddisk lebih baik jika samakan dengan merek harddisk sebelumnya.

7. Cek dengan utility HDD

Tentu merupakan hal yang urgent jika membahas tentang pemeriksaan dengan utility terhadap keadaan harddisk yang sesungguhnya guna mengetahui adanya bad sector dalam harddisk tersebut atau tidak. Anda juga dapat menggunakan disk manager.

8. Fitur dan harga

Memaksimalkan fitur harddisk dengan dukungan motherboard dan yang terpenting adalah cek harga harddisk tersebut apakah sesuai dengan pasaran atau tidak. Penting bagi Anda jika membeli sebuah harddisk laptop baru adalah memilih harddisk yang dijual oleh distributor resmi yang sudah dilengkapi garansi tapi memang lebih mahal. Namun jika Anda ingin hardisk laptop murah maka Anda juga dapat membeli harddisk laptop bekas yang masih bagus.

 

http://trimoffers.com/wp/wp-content/uploads/2017/04/hardisk_02-1.jpeghttp://trimoffers.com/wp/wp-content/uploads/2017/04/hardisk_02-1-300x300.jpegbishriehasanElektronikKnowledgetipsbeli,cermat,hardisk,tips
Hardisk laptop sama saja dengan harddisk PC yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data-data atau file berupa document, foto-foto, musik, video, game, aplikasi dan lain sebagainya. Adapun sebenarnya ada dua macam harddisk yaitu harddisk internal dan harddisk eksternal. Kedua harddisk tersebut sama fungsinya hanya saja harddisk internal merupakan satu kesatuan...