Mesin Pendingin (Refrigerator) adalah sebuah rangkaian mesin atau pesawat yang bekerja dalam menghasilkan suhu ataupun temperatur dingin (temperatur rendah). Berasarkan dengan kegunaannya, ada beberapa jenis dari mesin pendingin antara lain adalah:

  1. Refrigerator untuk keperluan Industri.
  2. Lemari es / Kulkas.
  3. Freezer (Pembekuan / pendingin makanan dan minuman).
  4. Dispenser (untuk menghasilkan air panas dan dingin).
  5. Penyejuk ruangan (AC/Air Conditioning).

 Komponen Mesin Pendingin

Berikut ini adalah beberapa komponen dari mesin pendingin yang perlu anda ketahui:

  1. Kompresor

Kompresor adalah sebuah unit tenaga pada sistem mesin pendingin. Kompresor memiliki fungsi untuk memompa bahan pendingin kesemua bagian pada kulkas.

  1. Kondensor

Kondensor memiliki fungsi sebagai alat penukaran kalor ,yang dapat menurunkan temperatur refrigran yakni dari bentuk gas menjadi cair. Alat ini pada sistem air conditioner adalah alat yang dapat digunakan untuk merubah gas refrigrant yang memiliki tekanan tinggi menjadi bentuk cairan.

  1. Filter (receiver drier)

Receiver drier / filter adalah tabung penyimpan untuk refrigerant cair. Dalam alat ini juga terdapat fiber dandesiccant/bahan pengering yang dapat digunakan untuk menyaring benda-benda asing serta uap air  yang berasala dari sirkulasi refrigerant.

  1. Pipa Kapiler

 

Pada Mesin Pendingin, komponen ini memegang fungsi dalam menurunkan tekanan cairan dari bahan pendingin sebelum itu masuk ke evaporator. Komponen ini dipasang sesudah komponen filter dyer (strainer) yakni dengan  cara dililitkan.

Disamping ke empat komponen tersebut terdapat pula komponen – komponen lain dari mesin pendingin.

Cara Kerja Instalasi Mesin Pendingin

Setelah kompresor diisi oleh gas freon , maka gas tersebut dapat dikeluarkan dari silinder oleh kompresor untuk kemudian diteruskan ke kondensor. Kemudian diteruska menuju saringan, lalu ke pipa kapiler dan kemudian akan mengalami penahanan. Dengan terjadinya penahanan in, maka akan timbul tekanan pada pipa kondensor. Hal ini mengakibatkan gas tersebut berubah menjadi cairan pada pipa kondensor. Kemudian dari pipa kapiler cairan tersebut menuju ke evaporator ssetelah itu menguap untuk bisa menyerap panas. Setelah itu berubah menjadi gas lalu dihisap kembali ke kompresor.

Demikianlah beberapa informasi mengenai komponen dan cara kerja dari Mesin Pendingin. Semoga informasi ini bermanfaat.

http://trimoffers.com/wp/wp-content/uploads/2017/02/Untitled-1.jpghttp://trimoffers.com/wp/wp-content/uploads/2017/02/Untitled-1-150x150.jpgbishriehasanElektronikKnowledgealat,Jenis,pengetahuan
Mesin Pendingin (Refrigerator) adalah sebuah rangkaian mesin atau pesawat yang bekerja dalam menghasilkan suhu ataupun temperatur dingin (temperatur rendah). Berasarkan dengan kegunaannya, ada beberapa jenis dari mesin pendingin antara lain adalah: Refrigerator untuk keperluan Industri. Lemari es / Kulkas. Freezer (Pembekuan / pendingin makanan dan minuman). Dispenser (untuk menghasilkan...